Barcode berupa QR Code di LJUN 2013

Bioners. 27 Maret 2013. Kemdikbud RI dalam menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2013 ini, berusaha untuk meminimalisir berbagai praktek kecurangan UN sebagaimana banyaknya laporan-laporan kecurangan yang ditemukan dan diterima pihak kemdibud pada pelaksanaan UN tahun 2012 yang lalu, diantaranya seperti tukar-menukar soal maupun LJUN ataupun mengganti LJUN untuk memperbaiki jawaban siswa. Praktek seperti itu sudah bukan rahasia lagi mengingat tuntutan UN yang membuat banyak pihak kewalahan menghadapinya. Akhirnya segala daya upaya pun dikerahkan oleh pihak-pihak tertentu demi mencapai hasil memuaskan dalam pelaksanaan UN. Terkait dengan hal di atas, Kemdikbud dalam menekan kecurangan ini mencoba menelurkan ide untuk menggunakan LJUN dan soal dengan membubuhkan BARCODE berupa QR CODE (Quick Response Code).

LJK-contoh

Apa dan bagaimana wujud QR Code yang terdapat pada LJUN?. Barcode yang berupa QR Code merupakan code yang berbentuk gambar kotak dengan motif hitam putih. QR Code ini menurut rancangan LJUN yang sempat dipublikasikan dibeberapa media, diletakkan pada bagian atas kanan LJUN. Berada satu kotak dengan nama mata pelajaran yang diujiankan. QR Code yang terdapat di LJUN akan sama persis dengan kodebar yang tertera pada paket soal yang diterima oleh peserta UN, mengingat LJUN dan soal pada UN 2013 ini menjadi satu. Menurut Khairil Anwar Notodiputro dari pihak kemdikbud menyatakan bahwa antara soal dan lembar jawaban tidak terpisah lagi seperti dahulu. Mulai tahun 2013 antara soal dan lembar jawaban mempunyai  hubungan  yang signifikan antara keduanya karena antara soal dan lembar jawaban antara  satu yang lain berbeda. Hal ini berarti, seorang guru tidak boleh sekali-kali memberikan soal saja atau lembar jawaban saja karena keduanya tidak boleh terpisah.

Pihak kemdikbud berkeyakinan bahwa dengan penerapan model LJUN yang menggunakan sistem pengkodean seperti di atas, maka diharapkan hasil UN tahun ini akan menampilkan tingkat penguasaan kompetensi peserta didik secara nasional yang lebih jujur dan menampilkan hasil yang makin mendekati kondisi sebenarnya. Meskipun demikian, penerapan aplikasi system  Barcode ini pada pelaksanaan Ujian Nasional nanti, dikhawatirkan oleh beberapa pihak bakal membingungkan siswa dalam mengerjakan soal UN jika sekiranya hingga hari Ujian Nasional digelar, kurang dilakukan atau bahkan tidak dilakukan upaya sosialisasi baik kepada guru maupun  terhadap siswa  yang akan mengikuti Ujian Nasional mendatang.  Oleh karena itu, guru-guru di Indonesia, khususnya guru yang akan ditugaskan sebagai pengawas ujian di setiap lokasi pelaksananaan UN, berkewajiban mengetahui informasi penting ini supaya anak didiknya tidak kebingungan lagi dalam mengerjakan soal UN. Adapun hal-hal yang perlu diketahui adalah:

  1. Semua peserta Ujian Nasional harus mengecek atau meneliti kembali soal ujian dan LJUN apakah soal tersebut terpisah dari LJUN jikapun soal dan LJUN terpisah maka harus ditukar dengan LJUN dan Paket Soal yang masih bersatu atau gabung jadi satu.
  2. Semua peserta harus memperhatikan LJUN dan Naskah Soal apakah ada yang rusak antara LJUN dan Paket Naskah Soal UN tadi  apabila anda mengerjakan di LJUN yang rusak maka soal tersebut tidak akan terdeteksi computer dan anda harus mengulangi dari nomor pertama lagi.
  3. Apabila sudah tidak ada masalah antara Naskah Soal dan LJUN yang paling dilihat nomor pertama yaitu dengan mengisi nama atau identitas peserta yang mengerjakan soal tersebut setelah itu baru boleh untuk dilepaskan antara soal dan lembar jawaban ujian tersebut. Terlihat pada gambar contoh LJUN  dibawah ini Mengenai Pengisian Indentitas menggunakan system Barcode.

Satu hal yang penting dipahami bahwa dengan model kode soal menggunakan QR Code membuat kode soal tidak akan bisa siswa ketahui, ia mendapatkan kode soal berapa?.

Menyikapi hal di atas, terkhusus buat siswa-siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional tahun ini (2013) kunci kesuksesan ada di tangan anda masing-masing. Mulailah Tingkatkan Semangat Belajar Anda. (Bion)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s