Variasi Soal UN 2013 sampai 30 Paket

paket UN

Bioners. 27 Maret 2013. Ada yang baru pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) kali ini. Paket soal yang tahun lalu berjumlah lima, kini bertambah empat kali lipat hingga 20 paket soal bagi tingkat SMP dan SMA. Bahkan informasi ini kembali berubah seiring diterimanya informasi terbaru bahwa jumlah paket soal yang awalnya berjumlah 20 paket, ditambah menjadi 30 paket.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Kabalitbang Khairil Anwar selepas diskusi dalam kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2013 mengungkapkan bahwa “Tahun ini tidak lagi lima paket soal tapi kami buat 20 paket bahkan kami siapkan 30 paket soal,” ujar Khairil di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Bojongsari, Depok, Selasa (13/2/2013).

Bertambahnya jumlah paket soal UN hingga mencapai 30 paket merupakan sebuah indikasi keseriusan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan dan kebocoran soal Ujian Nasional Tahun ini. Menurut Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso, cara ini ditempuh untuk menangkis kecurangan dan kemungkinan siswa menyontek saat pelaksanaan ujian. Dia menilai, banyaknya variasi paket soal akan mampu mengantisipasi kecurangan dan kebocoran isu kunci jawaban yang selalu saja menyebar setiap tahun. Sehingga, kata dia, yang harus dipersiapkan siswa saat ini adalah belajar dengan sungguh-sungguh menjelang pelaksanaan UN.

“Kalau UN tentunya kan sudah ada jadwalnya untuk dilaksanakan, ya tinggal dilaksanakan. Cegah kebocoran tentunya jumlah variasi soal diperbanyak, hingga 30 paket. Jika satu kelas ada 20-an anak, jadi masing-masing siswa beda soalnya, asyik kan?” ujar Djoko sambil tersenyum, di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Rabu (27/3/2013).

Selain membedakan paket soal, kata dia, kebocoran juga diantisipasi dengan meningkatkan pengamanan distribusi paket soal. Target kelulusan, lanjutnya, tentu harus 100 persen. “Selain berbeda-beda, soal juga dijaga. Mulai dari pembuatan, pengiriman, hingga distribusi agar tidak ada yang bisa tahu isinya itu apa,” imbuhnya. (bion)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s