Memahami Kriteria Kelulusan UN 2013

DSC02433Bioners. 30 Maret 2013. Bagaimana dan sejauh mana persiapan yang telah dilakukan oleh siswa-siswi kelas IX SMP dan kelas XII SMA menjelang pelaksanaan UN tahun 2013 ini? Siap, setengah siap atau justru belum siap sama sekali? Beragam jawaban tentu akan bermunculan jika pertanyaan seperti diatas kita lemparkan ke kalangan siswa yang bakal mengikuti UN yang pelaksanaannya sisa menghitung hari. Terlepas dari pertanyaan di atas, melalui berbagai sumber atau media, kita mungkin telah banyak memperoleh informasi tentang bagaimana kriteria kelulusan UN tahun ini. Namun, tidak ada salahnya jika melalui tulisan Bioners kali ini, kembali kami mengingatkan beberapa hal yang terkait dengan hal tersebut. Berikut Ulasannya:

 Kelulusan peserta didik tahun pelajaran 2012/2013 ditentukan berdasarkan kriteria sebagai berikut:

Kriteria Umum:

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran (12 mata pelajaran).
  3. Lulus Ujian Sekolah
  4. Lulus Ujian Nasional

Kriteria Khusus:

  1. Kelulusan Peserta didik ditentukan berdasarkan Nilai Akhir (NA)
  2. NA diperoleh dari Gabungan Nilai Sekolah (NS) dengan Nilai Ujian Nasional (UN) dengan pembobotan 40% NS dan 60%UN
  3. Nilai Sekolah diperoleh dari: Gabungan nilai ujian sekolah (60%) dan nilai rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 (40%)
  4. Nilai Ujian Nasional dinyatakan lulus jika

Memperoleh nilai rata-rata dari semua NA paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol) 

Untuk lebih jelasnya berikut disajikan sebuah ilustrasi tentang proses penghitungan/perumusan nilai-nilai perolehan siswa hingga memperoleh keputusan Lulus atau tidak lulus.

Picture1

Berdasarkan gambar ilustrasi di atas, dinyatakan bahwa siswa yang memiliki nilai seperti di atas dinyatakan LULUS, karena tidak terdapat nilai di bawah 4,0 pada setiap Nilai Akhir untuk 4 mata pelajaran, dan keempat Nilai Akhir jika dirata-ratakan memperoleh hasil di atas nilai 5,5.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengupayakan kelulusan dalam Ujian Nasional yaitu sebagai berikut:

  1. Mengingat di setiap mata pelajaran yang diujinasionalkan tidak diperbolehkan terdapat Nilai Akhir (NA) dibawah 4,0 maka sangat ditekankan nilai-nilai yang berpengaruh dalam perhitungan Nilai Akhir mampu memperoleh hasil penjumlahan minimal 4,0 . Sebab jika terdapat salah satu mata pelajaran yang mendapat nilai di bawah 4,0 maka dapat dipastikan bahwa siswa tersebut dinyatakan Tidak Lulus.
  2. Jika dari hasil perhitungan, satu atau dua mata pelajaran UN memperoleh Nilai Akhir 4,0 maka Nilai  Akhir untuk mata pelajaran lainnya harus mampu menghasilkan nilai minimal 5,5 pada saat keempat Nilai Akhir tersebut dirata-ratakan. Mengingat rata-rata Nilai Akhir minimal 5,5 merupakan salah satu persyaratan kelulusan siswa.

Contoh: 7 (B. Indonesia)  + 4 (B. Inggris) + 4 (Matematika) + 7 (IPA) = 5,5

  1. Jika terdapat 3 (tiga) mata pelajaran yang mendapat Nilai Akhir 4,0, maka satu mata pelajaran yang terakhir harus mendapatkan Nilai Akhir 10,0.

Contoh: 4 (B. Indonesia)  + 4 (B. Inggris) + 4 (Matematika) + 10 (IPA) = 5,5

So.. setelah memahami target yang harus anda capai demi memperoleh predikat LULUS  di Ujian Nasional nantinya, ada baiknya, kalian periksa lagi deh kesiapan anda. Gunakan SKL sebagai instrumen pemetaannya. bagian yang mana yang belum anda pahami atau kuasai. Pastinya dengan lebih giat belajar. Mumpung masih ada waktu. Okey… selamat belajar dan semoga sukses dan LULUS di UN 2013 ini. (Bion)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s