Takut sama JUJUR

dilarang mencontekAspek manakah yang sebenarnya yang paling ditakuti oleh siswa pada pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2013 ini?, apakah karena soal ujiannya yang konon kabarnya divariasikan hingga mencapai 30 paket soal? Atau karena standar kelulusan yang mensyaratkan kelulusan harus mencapai rata-rata 5,5, ataukah ada faktor yang lain yang lebih berpengaruh?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya kita menyimak sepenggal percakapan ringan yang berhasil penulis rekam secara tidak sengaja, antara seorang guru dan siswanya di bawah ini. Mungkin saja kisah ini dapat membantu kita mengidentifikasi minimal satu faktor penyebab ketakutan siswa terhadap Ujian Nasional yang sebentar lagi akan digelar.

Suatu siang di salah satu kelas, ketika seorang guru hendak memulai pembelajaran tambahan bagi siswa-siswi kelas IX yang sebentar lagi menghadapi Ujian Nasional (UN),

Guru : Sebelum memulai pembelajaran, bapak mau bertanya dulu kepada kalian, sudah sejauh mana persiapan yang anak-anakku telah lakukan dalam menghadapi UN yang akan datang? Apakah dirasa sudah mantap?

Siswa : (sebagian besar siswa dalam kelas menjawab secara bersamaan) Belumm pak guru…!!

Guru : Loh??? “Maksudnya belum siap gitu??”

Farhan : Iya pak guru, kami merasa sangat belum siap, sebab soalnya 20 paket sih.

Guru : “ellloh…”, “emang ada apa dengan 20 paketnya Farhan?”

Farhan : Sulit pak guru, gak ada yang sama….

Guru : Bapak kira, kalian tidak perlu memikirkan jumlah paketnya, sebab bukankah yang harus anda kerjakan cuman satu paket? Jadi kenapa mesti risau dan takut kalo soalnya ada 20 paket, iya toh…?? mau 30 paket, mau seratus paket,  yang jelas andakan cuma berkewajiban mengerjakan satu paket,  iya toh?,  jadi apanya yang ditakutkan? Iya tohh?

Siswa : (terdiam, sementara sebagian keliatan mengangguk-angguk)

Guru : iya tohhh…??? (mengerutkan kening sembari menunggu pembenaran dari siswa)

Lina : Iya sih pak, tapi kan soalnya gak ada yang sama?

Guru : Loh… Memang kenapa kalo soalnya gak ada yang sama Lina? Ingat, yang anda kerjakan cuman soal anda masing-masing, jadi soal itu gak terlalu penting mau sama atau mau berbeda, iya toh?

Lina : Iya pak, cumannnn, kan gak bisa kerja sama lagi dong pak…

Guru : wahhhhhhhh, ini penyebabnya… jadi rupanya yang kalian takuti selama ini, adalah bukan karena soalnya mencapai 20 paket, tapi takut tidak bisa bekerjasama, kalian takut dengan pelaksanaan Ujian secara jujur. Ketidak siapan anda adalah berprilaku jujur dalam Ujian. Perlu disadari wahai anak-anakku, Gimana negeri ini bisa baik kalo generasi mudanya saja doyang curang. setiap ujian itu tidak membenarkan kecurangan dalam bentuk apapun. Ujian satu paket tidak jauh beda dengan yang lima paket atau duapuluh paket, Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan ujian-ujian lain itu mesti JUJUR, tingkat kesulitannya sama, yang penting sama-sama JUJUR, Pantas saja banyak yang protes dan tidak setuju pelaksanaan UN sistem 20 paket ini, mungkin karena gak bisa nyontek yah? hehehe (Sambil memandangi siswa-siswanya sembari menggeleng-gelengkan kepalanya).  Yah sudah, mending kita belajar biar lebih siap, yah tohhh??

Siswa : (Serentak) iya pak guru.

Bioners (9 April 2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s