PNSMail : Layanan Email Wajib Untuk PNS

PNSMail4Bioner. 04/07/2013. Sebuah kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah melalui kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) dimana semua PNS wajib menggunakan email dengan alamat domain berekstensi pnsmail.go.id.

Kebijakan tersebut disampaikan Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar melalui Surat Edaran Nomor 06 Tahun 2013 tertanggal 27 Mei 2013. Dimana dalam surat tersebut disebutkan bahwa seluruh instansi pemerintah diharuskan menggunakan alamat Email resmi pemerintah “pnsmail.go.id” sebagai alat komunikasi dinas yang diberi tenggang waktu hingga 1 Januari 2014.

Kebijakan ini berdasarkan pada fakta yang menunjukkan masih banyaknya ditemukan pegawai/pejabat yang menggunakan email non pemerintah sebagai alat komunikan persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan, termasuk yang dimiliki oleh pihak asing.  Oleh karena itu, Kementerian PAN-RB memandang perlu  diupayakan suatu langkah strategis dengan menyediakan email resmi pemerintah sebagai alat komumikasi persuratan elektronik kegiatan kedinasan yang diberikan bagi PNS di seluruh Indonesia.

Salah satu Tujuannya adalah untuk menghindari pemakaian alamat Email milik pihak asing atau swasta karena memiliki celah resiko dan tidak aman dalam konteks kerahasiaan data dan informasi Negara. Melalui penggunaan PNSMail ini, besar kemungkinan dapat dilakukan pencegahan kebocoran data-data maupun informasi penting terutama yang berhubungan dengan Pekerjaan dan Terkait dengan upaya percepatan reformasi birokrasi sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar dalam melakukan urusan kedinasan dengan memanfaatkan media surat elektronik, menggunaan alamat email resmi pemerintah, yaitu yang menggunakan domain @pnsmail.go.id atau yang dimiliki masing-masing pemerintah dengan alamat (nama instansi masing-masing).go.id.

Format alamat email PNSMail adalah nama.pns@pnsmail.go.id.. Selain itu pemilikan alamat email ini mengatur bahwa Setiap PNS hanya diijinkan memiliki satu alamat email nasional pada PNSMail.

Dengan kebijakan ini seluruh pegawai dan pejabat instansi pemerintah diwajibkan menggunakan email milik pemerintah RI sendiri sebagai alat komunikasi surat elektronik dalam kegiatan kedinasan. Harapannya agar terwujud birokrasi modern yang cepat, efektif, efisien, dan aman di lingkungan instansi pemerintah RI.

Langkah-langkah cara daftar PNSMail  adalah sebagai berikut :

  1.  Mulai dengan menuliskan situs  http://pnsmail.go.id/ pada address bar.  PNSMail1
  2. Kemudian kliK DAFTAR
  3. Mulailah mengisi biodata lengkap anda pada formulir pendaftaran PNSMail yang disediakan.PNSMail2

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Harap menggunakan username yang mencerminkan nama lengkap Anda. Penggunaan username yang tidak mencerminkan nama lengkap Anda tidak akan disetujui. Formatnya namadepan.namabelakang@pnsmail.go.id. Contoh : muhammad.amin@pnsmail.go.id.
  • Username yang salah akan ditandai dengan peringatan bertulis merah “Format Username Salah!” PNSMail3
  • Password: isikan dengan password minimal 6 karakter. INGAT, gunakan password yang mudah anda ingat, dan tidak mudah diketahui oleh orang lain. Bisa menggunakan berbagai karakter. Setiap PNS hanya diperbolehkan memiliki 1 email, olehnya itu hindari melupakan password tersebut.
  • Ulangi Pasword;
  • Nama Lengkap Anda;
  • NIP (Nomor Induk kepegawaan anda);, jika NIP anda benar, maka muncul tulisan “Tersedia”
  • Email Aktif anda. Email ini nanti akan digunakan untuk mengirimkan konfirmasi aktivasi PNSMail  anda, jadi sekali lagi gunakan Email anda yang AKTI
  • No. Ponsel Anda
  • Instansi Anda
  • Alamat Lengkap Instansi Anda
  • Provinsi Anda
  • Kabupaten Anda
  • Pertanyaan pengingat. Pilih pertanyaan pengingat yang mudah anda ingat dan beri jawabannya. Hal ini akan mempermudah anda pada saat melupakan password yang anda telah masukkan.
  1. Setelah pengisian formulir selesai, terakhir anda akan diberitahukan bahwa data anda sedang diproses dan akan mendapatkan pemberitahuan selama kurang lebih 5 (lima) hari sejak pengisian dan pengiriman formulir anda lakukan, dan akan mendapatkan pemberitahuan selanjutnya melalui email aktif yang anda masukkan.

PNSMail merupakan fasilitas email yang diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil di seluruh Indonesia. PNSMail memiliki fitur-fitur yang sangat menarik, di antaranya :

  1. Kapasitas penyimpanan mulai dari 1 GB (Bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan)
  2. Portal Email untuk email eksternal
  3. Proteksi spam, virus, dan lain-lain
  4. Akses PNSMail dari PDA, tablet, dan ponsel

Demikian Sahabat Bioners, cara daftar PNSMail, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s