Calon Peserta Sertifikasi 2013: Tidak lulus karena terkendala di Syarat Kedua

Syarat Sertifikasi Guru 2013Bioners. (7/7/2013) Pengumuman hasil Uji Kompetensi Awal/Guru ( UKG/A ) Tahun 2013, hari ini, Minggu (7 juli 2013) akhirnya diumumkan. Pengumuman dapat diakses langsung secara online dengan menyiapkan nomor NUPTK melalui alamat http://sergur.kemdiknas.go.id di link Calon peserta sertifikasi Tahun 2013. Namun perlu diketahui bahwa untuk mengakses laman tersebut ternyata kadangkala dibutuhkan waktu yang lama, mengingat kesibukan jaringan dan kepentingan yang sama oleh banyak peserta untuk link ke laman tersebut secara bersamaan mengakibatkan butuh waktu berjam-jam hingga akhirnya halaman tersebut dapat diakses, dan tidak jarang peserta yang akhirnya gagal untuk mengakses alamat tersebut.

Seperti yang pernah disampaikan pada berita yang lalu, bahwa Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Nomor 12344/J/KP/2013 tanggal 16 Maret 2013 tentang Penetapan Kelulusan Peserta Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2013, diumumkan peserta yang dinyatakan lulus UKA dan berhak mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2013 sebanyak 248.733 orang.

Satu hal yang penting diketahui oleh para peserta bahwa Penentuan kelulusan calon peserta sertifikasi tahun 2013 kali ini didasarkan pada 3 persyaratan utama, yaitu :

  1. Pada tanggal 1 Januari 2014 belum memasuki usia 60 tahun.
  2. Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan tanggal 30 Desember 2005
  3. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV). Jika belum S1/D-IV,
  • Usia minimal 50 tahun dan masa kerja minimal 20 tahun, atau
  • Memiliki Golongan minimal IV/A

Berdasarkan hasil pemantauan sementara dari beberapa peserta UKA tahun 2013 terkait dengan kelulusan ini, pada umumnya peserta yang dinyatakan tidak lulus terkendala pada syarat kedua yaitu peserta belum terangkat menjadi guru paling lambat tanggal 30 Desember 2005 yaitu tanggal dimana Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 ditetapkan. Dengan kata lain, peserta yang terangkat dan diSKkan sebagai guru baik sebagai Guru PNS maupun guru Honor setelah tanggal tersebut, secara otomatis dinyatakan tidak memenuhi syarat. Yang selanjutnya peserta yang tidak lulus tersebut dicatat sebagai sebagai calon peserta sertifikasi pendidik tahun berikutnya.

Meskipun demikian, hal ini tidak berarti bahwa guru yang penugasannya sejak tahun 2005, serta merta langsung dinyatakan lulus. Sebab sesuai data yang ditemukan, terdapat peserta yang telah memenuhi ketiga syarat di atas namun dinyatakan masih belum menjadi calon peserta Sertifikasi Pendidik 2013, Hal ini diperjelas dengan keterangan yang tertera pada pengumuman peserta tersebut bahwa peserta telah “memenuhi persyaratan sertifikasi guru tetapi masih diluar kuota”. ditambahkan lagi bahwa, Jika masih diluar kuota sampai batas waktu penetapan berakhir, data dicatat sebagai calon peserta sertifikasi tahun berikutnya. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya, semua peserta wajib untuk mengecek sendiri hasil penetapan calon sertifikasinya.

Adapun bagi peserta yang dinyatakan lulus sebagai Calon peserta Sertifikasi Guru 2013. diHarapkan memonitor proses penetapan peserta dan melengkapi dokumen yang diperlukan di dinas kab/kota yang bersangkutan. Semoga bermanfaat dan selamat bagi yang berhasil.

2 responses to “Calon Peserta Sertifikasi 2013: Tidak lulus karena terkendala di Syarat Kedua

  1. Jadi kalau begitu untuk apa ada UKA ya?..kalau memang syarat prioritasnya yang 3 itu…heran..sudah saja otomatis bagi yang SKnya sudah sesuai UU no 14 th 2005 tersebut, maka berikanlah pelatihan untuk mendapat sertifikat. Lalu pertanyaan saya kalimat tersebut menimbulkan persepsi yang berlainan. Mungkin saja ada yg berpendapat..’Lho setelah tahun itu kan sy sudah jadi guru?’. Itulah letak kurang jelasnya..kalau mau lebih baik diukur masa kerjanya yg jelas, kalau lebih dari 5 tahun atau berapapun asal ada batasannya ya itu saja yang dijadikan UU. Bagaimana menurut kang Yudi. Tks. Infonya. Sangat bermanfaat. Salam.

    • UKA menurut beberapa sumber yg penulis baca, adalah bertujuan untuk memetakan kualitas kompetensi guru secara nasional, sehingga semua guru wajib untuk mengikuti… Hasilnya nantinya akan memberi gambaran tentang peringkat kualifikasi guru di masing2 daerah di seluruh nusantara… soal untuk apa hasil UKA itu masih belum banyak diekspose, paling tidak diperkirakan akan menjadi acuan terkait kebijakan2 bidang pendidikan yang akan digulirkan di setiap daerah nantinya. Adapun kaitannya dengan proses penentuan guru-guru siapa yang diprioritaskan ikut diklat sertifikasi 2013 adalah hanya menjadi syarat bahwa si guru tersebut telah mengikuti UKA, meski nilainya tidak terpublikasikan rendah atau tinggi. (singkatnya, guru tersebut telah mengikuti UKA, urusan guru tersebut berkompetensi akan ditentukan lebih lanjut di diklat PLPG). Terkait dengan banyaknya guru yg komplain dengan UKA ini, mungkin sosialisasi terkait dengan aturan maupun syarat-syarat mengikuti sertifikasi guru tidak dilakukan secara optimal oleh penentu kebijakan khususnya kemendikbud selaku penanggungjawab utama program ini. Kadangkala kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan bersifat “blunder”, dengan kata lain sebuah kebijakan lebih terkesan diimplementasikan terlebih dahulu, nanti setelah muncul berbagai komentar atau keributan disana-sini barulah sosialisasinya di intensifkan… Yaaa, Sabar aja teman, Terus Berkarya, Insya Allah suatu saat akan jelas siapa yang layak untuk terus menerima dana sertifikasi itu. hanya waktunya aja yg belum tiba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s