Karakter seseorang berdasarkan Bangun datar kesukaan (Alternatif Ice Breaker)

kotak lingkarang

persegipanjang triangle

Bioners. 24/5/14. Terkesan dengan salah satu ice breaker yang disampaikan oleh fasilitator USAID di ToT Praktik (Nur Fadiah Mahmud) yang baik dalam pembelajaran dan Manajemen II SMP/MTs di Hotel M Regency Makassar maka kali ini penulis mencoba mengangkat alternatif yang hampir sama dengan materi ice breaker tersebut.

Ice Breaker ini di beri judul Karakter seseorang berdasarkan Bangun datar. Cara menerapkannya dalam pelatihan cukup mudah yaitu ditampilkan dalam bentuk Slide Power Point dengan mengarahkan kepada peserta untuk memilih terlebih dahulu 1 dari 4 jenis bangun datar yang ditampilkan berdasarkan kecenderungan rasa suka. Setelah itu ditampilkan karakter-karakter masing-masing bangun datar. Untuk lebih serunya, karakter yang ditampilkan adalah karakter positifnya terlebih dulu, kemudian di lanjutkan dengan yang karakter negatifnya (Kekurangannya).

Berikut materi Ice Breaker Karakter seseorang berdasarkan Bangun datar.
Tipe Segitiga : Tipe Fokus

Positif : Tipe orang seperti ini, adalah orang yang fokus, kalau mengerjakan sesuatu akan detail dan tajam, sebagai analogi, kalo ditanya apa yang anda ketahui tentang air, jika orang kebanyakan akan menjawab dengan kata’-kata netral seperti, “basah, jernih, segar” dan semacamnya, maka orang tipe ini akan menjawab dengan detail dengan kata-kata seperti “H2O,mempunyai berat jenis xxx” dan kata-kata semacam itu

Negatif : jeleknya orang tipe ini, adalah gak fleksible, dan gak sabaran, jadi kalo dia dah mentok dalam mengerjakan sesuatu dia bisa jadi BT dan sebel, dan akhirnya bisa-bisa di tinggalin deh yang dia kerjain, makanya orang kaya begini butuh orang dengan tipe lingkaran sebagai pasangan hidupnya..hehehe

Tipe Lingkaran : Tipe Dangdut (Kau yang mulai kau yang mengakhiri)

Positif : suka berputar disitu2 aja tapi bisa masuk kemana aja orgnya fleksibel dan kalo mengerjakan sesuatu sampai selesai walau muter2, jadi orang tipe ini tidak mengenal kata tidak bisa, selalu kata sudah or pasti bisa dan semacamnya, kalo ditanya “sudah selesaikah pekerjaan itu?” maka orang tipe ini akan menjawab “sudah sampai di tahap ini pak”, trus 2 hari lagi ditanya pertanyaan yang sama, maka dia akan menjawab “ada sedikit masalah pak, jadi  baru sampai tahap ini pak” padahal mah intinya pekerjaannya belum selesai..tapi dia selalu optimis untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya…

Negatif : nah jeleknya orang ini adalah dia tidak bisa fokus dan tidak memiliki analisa seperti orang tipe segi tiga, tapi daya tahan dia terhadap suatu pekerjaan patut diacungi jempol..makanya cocok kalo berpasangan dengan tipe segitiga

Tipe Bujursangkar : Banyak Pertimbangan

Positif : tipe ini memiliki banyak pertimbangan, sehingga dia akan mempertimbangkan masak-masak keputusannya, baik sisi negatifnya maupun positifnya. dia gak akan mudah terpengaruh oleh berbagai pendapat, dia selalu berusaha memandang dari sisi yang lain.

Negatif : dia akan kesulitan jika harus diminta membuat keputusan cepat, karena banyak yang akan dia pertimbangkan. Gara-Gara banyak pertimbangan kadangkala keputusan yang diambil lebih sering gegabah.

Tipe Persegi panjang : Tipe generalis

Positif : Dia tipe orang yang memiliki wawasan luas tapi gak bisa menjelaskan secara detail.Karena orangnya yang generalis makanya orang ini hampir gak mengalami kesulitan dalam pergaulan, karena hampir bisa masuk ke setiap karakter orang or kelompok orang tertentu…orang kaya begini cocoknya pas menjalani posisi marketing… heheh karena tau banyak hal.

Negatif :

Nah karena kelemahan dia tidak bisa detail, dia tuh bisa menjelaskan keunikan-keunikan tempat-tempat yang dia kunjungi, misal : dia bisa menceritakan keindahan lombok..tapi jangan suruh dia jelasin detail nama-nama jalan yang dia lalui untuk sampai ke tempat penginapannya, lupa deh dia sama itu semua. jadi inget pengalaman bertemu dengan seorang marketing di kantor, dia sedang menawarkan sebuah sistem, benar dia tau banyak hal, tapi ketika bos gw minta dia menggambarkan flowchart dari program dia, eh dia kesulitan, dia malah memakai simbol proses alih-alih untuk simbol input data….

jadi tipe apakah diri anda?

Sumber : http://bungjoehanz.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s